Minggu, 17 Oktober 2010

Tugas Kuliah TEK. FORMULASI SEDIAAN KAPSUL


KAPSUL
Menurut Farmakope Indonesia Edisi Ketiga, kapsul adalah bentuk sediaan obat terbungkus cangkang kapsul, keras atau lunak. Cangkang kapsul dibuat dari Gelatin dengan atau tanpa zat tambahan lain.
SYARAT KAPSUL
Kapsul harus memenuhi syarat sebagai berikut :
Keseragaman bobot. Cara untuk kapsul yang berisi obat kering. Timbang 20 kapsul. Timbang lagi kapsul satu persatu. Keluarkan isi semua kapsul, timbang seluruh bagian cangkang kapsul. Hitung bobot isi kapsul dan bobot rata-rata tiap isi kapsul. Perbedaan dalam persen bobot isi tiap kapsul terhadap bobot rata-rata tiap isi kapsul tidak boleh lebih dari yang ditetapkan kolom A dan untuk seiap 2 kapsul tidak lebih dari yang ditetapkan kolom B.
Bobot rata-rata isi kapsul
Perbedaan bobot isi kapsul dalam %
A
B
120mg atau lebih
Lebih dari 120mg
± 10%
±  7,5%
± 20%
± 15%

Cara untuk kapsul yang berisi bahan obat cair atau pasta. Timbang 10 kapsul. Timbang lagi kapsul satu persatu. Keluarkan isi semua kapsul, cuci cangkang kapsul dengan eter P. Buang cairan cucian, biarkan hingga tidak berbau eter, timbang seluruh bagian cangkang kapsul. Hitung bobot isi kapsul dan bobot rata-rata tiap isi kapsul. Perbedaan dalam persen bobot isi tiap kapsul terhadap bobot rata-rata tiap isi kapsul tidak lebih dari 7,5%.

Waktu hancur. Lakukan pengujian waktu hancur menggunakan alat dan seperti tertera pada Compressi. Kecuali dinyatakan lain, waktu yang diperlukan untuk menghancurkan kelima kapsul tidak lebih dari 15 menit.

Penyimpanan. Dalam wadah tertutup rapat, sebaiknya berisi zat pengering, di tempat sejuk.

            Menurut Farmakope Indonesia Edisi Keempat, kapsul adalah sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat larut. Cangkang umumnya terbuat dari gelatin; tetapi dapat juga terbuat dari pati atau bahan ain yang sesuai.

            Menurut Ansel, kapsul dapat didefinisikan sebagai sedian padat, dimana satu macam bahan obat atau lebih dan/ atau bahan inert lainnya yang dimasukkan ke dalam cangkang atau wadah kecil yang umumnya dibuat dari gelatin yang sesuai. Tergantung pada formulasinya kapsul dari gelatin bias lunak dan bias juga keras. Kebanyakan kapsul-kapsul yang diedarkan di pasaran adalah kapsul yang semuanya dapat ditelan oleh pasien, untuk keuntungan dalam pengobatan. Begitu pula, kapsul dapat dibuat untuk disisipkan ke rectum sehingga obat dilepaskan dan diabsorpsi di tempat tersebut, atau isi kapsul dapat dipindahkan dari cangkang gelatin dan digunakan sebagai pengukur yang dini dari obat-obat bentuk serbuk. Sedikitnya satu kapsul yang diperdagangkan, Theo-Dur Sprinkle (Key Pharmaceutical) yang dianjurkan untuk dipakai dalam hal-hal sebagai berikut, untuk anak-anak atau pasien lain yang tidak dapat menelan tablet atau kapsul. Dianjurkan agar isi kapsul, teofilin anhidrat dalam bentuk sustained release, ditaburkan di atas sedikit makanan lunak segera sebelum ditelan.

Kapsul Gelatin yang Keras

Kapsul gelatin yang keras merupakan jenis yang digunakan oleh ahli farmasi masyarakat dalam menggabungkan obat-obat secara mendadak dan lingkungan para pembuat sediaan farmasi dalam memproduksi kapsul pada umumnya. Cangkang kapsul kosong dibuat dari campuran gelatin, gula dan air, jernih tidak berwarna dan pada dasarnya tidak mempunyai rasa. Gelatin, USP, dihasilkan dari hidrolisis sebagian dari kolagen yang diperoleh dari kulit, jaringan ikat putih dan tulang binatang-binatang. Dalam perdagangan didapat gelatin dalam bentuk serbuk halus, serbuk kasar, parutan, serpihan-serpihan atau lembaran-lembaran.














Gambar gelatin kulit babi yang digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan kapsul gelatin.

                  Cangkang kapsul keras gelatin harus dibuat dalam dua bagian yaitu badan kapsul dan bagian tutupnya yang lebih pendek. Kedua bagian saling menutupi bila dipertemukan, bagian tutup akan menyelubungi bagian tubuh secara tepat dan ketat.


                  Cangkang dibuat secara mekanis dengan mencelupkan batang atau pasak sebesar ukuran yang diinginkan ke dalam suatu wadah yang penuh dengan campuran gelatin yang sedang mencair, kepekatannya diatur oleh temperature sesuai dengan apa yang diinginkan. Pasak ini terbuat dari bahan mangan yang disepuh perunggu (manganese bronze) dan dilekatkan pada sebuah lempeng dan dapat mencapai 500 pasak per lempeng. Tiap lempeng dapat diturunkan secara mekanis sehingga pasak-pasaknya dapan mencelup ke dalam wadah gelatin yang meleleh dalam periode waktu tertentu untuk mendapatkan bagian kapsul dengan panjang dan tebal yang diinginkan. Kemudian pasak-pasak dan lempeng tadi diangkat perlahan-lahan dari wadah gelatin dan gelatin yang melekat dikeringkan perlahan-lahan akibat pengaturan temperature dan kelembapan udara. Bila sudah kering, tiap bagian dirapikan sesuai dengan panjangnya, lalu kedua bagian dipertemukan dengan menggunakan mesin, yang penting harus diperhatikan dinding bagian kapsul tebalnya harus sedemikian rupa agar bagian tutup dapat dan tepat menyelubunginya. Biasanya pasak untuk bagian tutup pasti harus lebih besar sedikit daripada pasak untuk bagian badan dari kapsul. Dalam produksi pencelupan, pengeringan, merapikan dan mempertemukan kedua bagian kapsul sebanyak pasak yang terdapat \dalam lempeng berputar berulang-ulang memasuki dan keluar dari wadah gelatin leleh.

Ukuran Kapsul
                  Kapsul gelatin kosong dibuat dengan berbagai macam ukuran, bervariasi baik panjang maupun diameternya. Pemilihan ukuran bergantung pada berapa banyak isi bahan yang akan dimasukkan ke dalam kapsul dan dibandingkan dengan kapasitas isi dari cangkang kapsul. Karena kepadatan dan penekanan dari serbuk atau campuran serbuk akan menentukan berapa jumlah yang dapat ditampung dalam kapsul dan karena tiap bahan  mempunyai sifat-sifat tersendiri, maka tidak ada pengaturan yang ketat untuk menentukan ukuran kapsul yang tepat untuk diisi oleh serbuk atau formula tertentu. Bagaimanapun sebagai perbandingan dengan serbuk-serbuk yang dikenal ciri-ciri khususnya dan mula-mula ditetapkan ukuran rata-rata dari kapsul yang dapat menampung bahan obat. Setelah percoban-percobaan baru diambil kesimpulan akhir. Untuk diberikan pada manusia, kapsul yang kosong berkisar dari 000 yang terbesar sampai No. 5 yang terkecil yang ada di pasaran, baik yang berwarna maupun yang tidak. Ukuran kapsul yang paling besar dipakai dalam kedokteran hewan.

Tabel Kapasitas Kira-kira dari Kapsul Gelatin Kosong*
Bahan Obat
Ukuran Kapsul
000
00
0
1
2
3
4
5

Kinin Sulfat
650
390
325
227
195
130
97
65
mg
10
6
5
3,5
3
2
1,5
1
grain
Na Bikarbonat
1430
975
715
510
390
325
260
130
mg
22
15
11
8
6
5
4
2
grain
Aspirin
1040
650
520
325
260
195
162
97
mg
16
10
8
5
4
3
2,5
1,5
grain
*Jumlah bias bervariasi menurut derajat tekanan yang digunakan dalam pengisian kapsul.

Persiapan Pengisian Kapsul Gelatin Keras
            Persiapan pengisian kapsul gelatin keras dapat dibagi dalam tahapan-tahapan sebagai berikut :
  1. persiapan dan pengembangan formulasi serta pemilihan ukuran kapsul
  2. pengisian cangkang kapsul
  3. pembersihan dan pemolesan kapsul yang telah terisi
Gambar Papan pengisi kapsul. Digunakan pada mesin pengisi kapsul yang dijalankan dengan tangan. Mesin yang dimasksud dapat mengisi 96 kapsul setiap kali jalan dan dibuat untuk memperoleh produksi per jam 1000 kapsul. Dasar mesin adalah nampan  yang digunakan untuk memegang pengisi yang berisi kapsul kosong, penyebar dan roller yang digunakan untuk membagikan bahan yang diisikan dalam nampan tersebu sehingga memasuki kapsul secara merata dan pengompak untuk menekan (mengompakkan) isi dalam kapsul.

Kapsul Gelatin Lunak
            Kapsul gelatin lunak dibuat dari gelatin dimana gliserin atau alcohol polivalen dan sorbitol ditambahkan supaya gelatin bersifat elastis seperti plastic. Kapsul-kapsul ini yang mungkin bentuknya membujur seperti elips atau seperti bola dapat digunakan untuk diisi cairan, suspensi, bahan berbentuk pasta atau serbuk kering. Iasanya pada pembuatan kapsul ini, mengisi dan menyegelnya dilakukan secara berkesinambungan dengan suatu mesin khusus. Kapsul lunak yang kosong dibuat dengan diberi segel dalam keadaan kedap udara (untuk mencegah kempis dan saling melekat satu dengan lainnya), untuk pengisian kapsul akan dilakukan kemudian, tapi cara ini jarang dilakukan.


            Kapsul gelatin lunak menjadi bermanfaat, bila diperlukan langsung disegel begitu obat masuk ke dalam kapsul. Kapsul menjadi sangat penting bila diisi dengan obat-obat cair atau larutan obat. Begitu juga obat dari bahan-bahan yang mudah menguap atau obat yang mudah mencair bila terkena udara. Untuk obat-obat ini lebih sesuai menggunakan kapsul lunak daripada kapsul keras.
            Kapsul lunak bentuknya bagus lebih mudah ditelan oleh pasien. Tetapi membuatnya tidak mudah kecuali dalam industri skala besar dan menggunakan peralatan khusus.























Daily Intakes for Colorants
The information provided below is for guidance purposes only. As regulatory rulings of various countries are constantly open to review and change, Capsugel suggests that decisions regarding daily intake limits be made with review by appropriate Regulatory experts.
Iron Oxides are commonly used pharmaceutical grade colorants.
The World Health Organization (WHO), the US Code of Federal Regulations (CFR), and the Japanese Pharmaceutical Excipients Directory (JPED) have set guidelines on injestion of Iron Oxide and Elemental Iron.
For each size DBcaps capsule, the tables below indicate the maximum number of DBcaps capsules that are within these limits set by global regulatory agencies:
WHO
0.5 mg /day / kg of iron oxide (calculations based on standard human weight of 60 kg)
CFR
5 mg /day of elemental iron
JPED
95.4 mg/day of red iron oxide; 5.67 mg/day of yellow iron oxide; 1.539 mg/day of black iron oxide
SIZE AAA
Color
Maximum Number of Capsules/Day to Meet Regulatory Limits
WHO
CFR
JPED
Swedish Orange Opaque
(4188)
17
2
56
Swedish Orange Opaque
(7274)
23
3
75
SIZE AA el
Color
Maximum Number of Capsules/Day to Meet Regulatory Limits
WHO
CFR
JPED
Caramel Opaque
17
4
4
Swedish Orange Opaque
14
3
47
Gray Opaque
57
13
2
Yellow Opaque
27
7
5
White Opaque
No limit
No limit
No limit
SIZE AA
Color
Maximum Number of Capsules/Day to Meet Regulatory Limits
WHO
CFR
JPED
Caramel Opaque
22
5
5
Swedish Orange Opaque
18
4
58
Gray Opaque
70
16
3
Yellow Opaque
34
9
6
White Opaque
No limit
No limit
No limit
SIZE A
Color
Maximum Number of Capsules/Day to Meet Regulatory Limits
WHO
CFR
JPED
Caramel Opaque
26
6
6
Swedish Orange Opaque
22
5
70
Gray Opaque
85
19
4
Yellow Opaque
41
11
7
White Opaque
No limit
No limit

SIZE B
Color
Maximum Number of Capsules/Day to Meet Regulatory Limits
WHO
CFR
JPED
Caramel Opaque
37
9
8
Swedish Orange Opaque
30
7
98
Gray Opaque
118
27
6
Yellow Opaque
58
15
10
White Opaque
No limit
No limit
No limit
SIZE C
Color
Maximum Number of Capsules/Day to Meet Regulatory Limits
WHO
CFR
JPED
Caramel Opaque
42
10
10
Swedish Orange Opaque
35
8
112
Gray Opaque
135
31
7
Yellow Opaque
66
17
12
White Opaque
No limit
No limit
No limit
SIZE D
Color
Maximum Number of Capsules/Day to Meet Regulatory Limits
WHO
CFR
JPED
Caramel Opaque
51
13
12
Swedish Orange Opaque
43
10
136
Gray Opaque
165
38
8
Yellow Opaque
80
21
15
White Opaque
No limit
No limit
No limit
SIZE E
Color
Maximum Number of Capsules/Day to Meet Regulatory Limits
WHO
CFR
JPED
Caramel Opaque
64
16
15
Swedish Orange Opaque
54
9
171
Gray Opaque
207
47
10
Yellow Opaque
101
26
19
White Opaque
No limit
No limit
No limit
DBcaps Capsules Dimensional Specifications*
This chart indicates the length of the capsule body and the internal diameter for each available size.
 








Note: For best encapsulation, the dimensions of the dosage form to be over-encapsulated should be less than both the length and the internal diameter of the body portion of the DBcaps capsule. Capsugel publishes a Clinical Trials Over-Encapsulation Sizing Guide that enables you to select the most appropriate DBcaps capsule based on the dimensions of the comparator product.
DBcaps Capsules Weight and Capacity*

* As specifications are under continuous review, be sure to contact Capsugel for the most up-to-date information.
DBcaps Capsules Globally Approved Color Selection

While DBcaps can be custom formulated in a wide array of colors, five globally-accepted standard colors have been developed in order to streamline the color selection process. More importantly, Capsugel maintains a ready inventory of popular sizes of standard color DBcaps capsules, allowing you to more quickly respond to "rush" situations.
The five standard DBcaps capsule colors utilize colorants that are accepted in the European Union, Japan, and the United States. Note that for specific colorants, there are daily intake restrictions put in place by regulatory agencies, which should be considered if the clinical protocol requires dosing with multiple capsules on a daily basis.

2 komentar:

  1. Dear Ninda, kumplit nih infonya..
    makasih ya mba.. kpn2 tak datang lg aah.. kayaknya da yang mo ku liat lagi besok.. hehe

    BalasHapus
  2. hohoho..
    thanks buat kunjungan nya ...

    BalasHapus